Blogger templates

Wildan Izzaty (1110032100003), Viviana (1110032100064), Redian (1110032100040) kami dari kelomppok 11 menjelaskan Perkawinan dan Kematian agama Konghucu. Perbandingan Agama-B. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. dengan Dosen Pembimbing: Drs. H. Siti Nadroh, MA dalam mata kuliah TAOISME DAN KONFUSIANISME
WELCOME TO OUR BLOG-COMPARATIVE RELIGION

Selasa, 22 Mei 2012

Menjelaskan agama Tao di China dan Indonesia Dewasa

Taoisme sebagai suatu ajaran yang muncul di china pada abad ke 2M. namun sebelumnya Toisme dipraktekkan secara turun menurun oleh orang-orang China sejak Loa Tze meninggalkan ajarannya untuk kepentingan orang-orang yang haus dengan ajaran-ajaran dari guru tua yang bijaksana.
Taoisme sekarang di China dibagi menjadi dalam dua sekte besar:
  1. Taoisme Perdamaian Besar (Taoisme of Great Peace)
Sekte ini tidak berkembang lagi dikarenakan ajarannya yang sangat ekstrim dan membahayakan kepentingan Negara China, yang pada saat itu sedang dikuasai oleh orang komunis. Karena komunis tidak meyakinkan adanya Tuhan, dan sangat merugikan bangsa komunis jika orang China mementingkan agamanya.
  1. Taoisme Lima Gantang Beras (Five Bushels of Rice)
Sekte ini masih berkembang di China, dan dapat hidup dan berlangsung sampai sekarang ini.
  1. Perkembangan Agama Taoisme di Indonesia
Pada zaman orde baru, agama Tao terbelenggu pada pemerintah. Tidak ada sama sekali tradisi ajaran agama Tao, seperti Tahun Baru Imlek dan upacara-upacara ritual keagamaan dan lainnya. Pada zaman ini agama Tao kehilangan identitas dan pada pindah agama. Karena para leluhur yang membawa agam Tao sudah meninggal dan tidak diteruskan oleh anaknya maka agama tao belum jelas juga.. di Indonesia agama ini belum juga di resmikan oleh negara.
Adapun praktek keagamaan Tao:
  1. Persembahan kepada Dewa
  2. Sembahyang Tahun Baru Imlek-Yin Sen Ciek Fuk
  3. Upacara pernikahan
  4. Upacara kematian
  1. Perkembangan Agama Taoisme di China
Pada zaman baru, agama Tao terbelenggu oleh pemerintah. Tidak boleh ada berbau Tao, termasuk juga tradisi-tradisi agama Tao, seperti Tahun baru Imlek dan upacara-upacara ritual keberagamaan, dan lain sebagainya. Pada zaman orde baru itu menjadi kehilangan identitas dan tidak tahu lagi apa agama Tao itu sebenernya, dan masyarakat yang menganut agama Tao pada saat itu diminta untuk pindah ke agama lain.
Agama Tao ini masih belum dipercayai oleh pemerintah karena banyak kendala dalam Undang-undang yang sudah disahkan, maka dari itu acara ibadah umat Tao tidak di selengggarakan di tempat ibadah. Karena tempat ibadah mereka masih belum ada dan tidak boleh membangung tempat ibadah. Agama ini tidak menyembah berhala.
  1. Praktek keagamaan Tao
  • Asal usul adanya Sam Seng dan Persembahan pada Dewa
Meminta pertolongan kepada guru Tao diklenteng, ada juga yang menanyakan jodoh, nasib dan sebagainya. Dan disinilah timbul kebiasaan menyembah Dewa.
  • Yin Shen Jie Fu (Yin Sen Ciek Fuk)
Sembahyang tahun baru Imlek, dalam acara sembahyang ini semua rumah harus dibersihkan, meja sembahyang patung-patung Dewa-dewa diturunkan dan dibersihkan dengan sabun. Semua Hu yang sudah berubah warna dibakar.

  • Upacara Pernikahan
Di antarkan ke latar kepada Maha Dewa kita, diletakkan 5 macam buah sebagai lamabng dari U Fuk (Lima kebahagiaan), adapun juga sebelah kanan-kiri ditaruh 9 lilin merah dan rangkaian bunga.
  • Upacara Kematian
Membakar kertas perak (uang diakhirat) sebagai lambang biaya diakhirat yang dilakukan sambil mendoakan yang meninggal
  • Mayat dimandikan dan dibersihkan, dan diberi pakaian tujuh lapis, yang pertama pakaian yang dipakai saat menilkah dan selanjutnya pakaian lain.
  • Kedua mata, lubang hidung, mulut, telinga, diberi mutiara sebagai penerangan di alam lain.
  • Disisi kanan kiri diisi dengan pakaian yang meninggal.sepatu dari bahan kain, bila yang meninggal menggunakan kacamata maka kedua lobang kacamata tersebut harus dipecahkan sebagai lambang bahwa sudah dialam lain.
Upacara sesudah pemakaman biasanya dari:
-        Acara 3 hari sesudah meninggal
-        7 hari sesudah meninggal
-        40 hari sesudah meninggal
-        Setiap tahun memperingati hari kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar