Blogger templates

Wildan Izzaty (1110032100003), Viviana (1110032100064), Redian (1110032100040) kami dari kelomppok 11 menjelaskan Perkawinan dan Kematian agama Konghucu. Perbandingan Agama-B. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. dengan Dosen Pembimbing: Drs. H. Siti Nadroh, MA dalam mata kuliah TAOISME DAN KONFUSIANISME
WELCOME TO OUR BLOG-COMPARATIVE RELIGION

Selasa, 22 Mei 2012

Praktek Tao: Fengsui


Feng Shui adalah seni hidup dalam keharmonisan dengan alam, sehingga seseorang paling banyak mendapatkan keuntungan, ketenangan dan kemakmuran dari keseimbangan yang sempuran dengan alam. Feng Shui menjanjikan kehidupan yang berlimpah bagi mereka yang mengikuti prinsip dan aturannya ketika membangun rumah dan usaha.
Secara bahasa Fung Shui (bahasa mandarin) atau hong shui (bahasa hok kien) diartikan feng (angin) dan shui (air). Istilah ini meupakan untuk mengatur penempatan letak gedung dan bangunan buatan manusia agar seimbang dengan lingkungan sekitarnya. Angin dan air bersama-sama menyatukan unsur alam yang mengalir dan mempengaruhi permukaan bumi. Masyarakat China percaya bahwa Feng Shui dapat mengatur dan menentukan keberuntungan manusia.

Unsur- Unsur Feng Shui
Dalam konsep feng shui terdapat lima unsur Feng Shui yaitu. Yaitu:
  1. Kayu – Hijau – Timur
  2. Api – Merah – Selatan
  3. Tanah – Kuning – Pusat
  4. Logam – Putih – Barat  
  5. Air – Hitam – Utara
Unsur-unsur di atas ada yang bersifat Destruktif dan ada yang bersifat Produktif. Destruktif adalah pepaduan antara dua unsur yang merugikan atau tidak sesuai. Sedangkan yang bersifat produktif adalah perpaduan dua unsur yang baik dan seimbang serta menguntungkan.

Bersifat Destruktif (tidak seimbang)
  • Kayu dengan Tanah
  • Tanah dengan Air
  • Air dengan Api
  • Api dengan Logam
  • Logam dengan Kayu
Bersifat Produktif (seimbang/serasi)
  • Api dengan Tanah
  • Tanah dengan Logam
  • Logam dengan Air
  • Air dengan Kayu
  • Kayu dengan Api
            Selain dikenal dengan adanya unsur-unsur yang melekat pada aspek kehidupan manusia, juga dikenal istilah Shio.  Shio adalah zodiak Tionghoa yang memakai hewan-hewan untuk melambangkan tahun, bulan dan waktu dalam astrologi Tionghoa. Pada dasarnya, hewan-hewan ini diambil melambangkan dua belas cabang bumi yang kemudian digabung bersama lima unsur membentuk 1 periode 60 tahun.

Feng Shui Kuburan

Dalam kebudayaan China, kuburan seseorang itu sangat penting, karena kuburan seseorang dapat mempengaruhi keadaan keluarganya yang masih hidup. Kuburan harus dibuat sebaik mungkin selain karena hal tersebut diatas juga adalah sebagai bukti besarnya penghormatan kepada orang tua, selain itu kuburan orang tua juga dianggap sebagai suatu tempat/sarana ikatan tali persaudaraan antara sanak-cucu keluarga sehingga setiap tahun diperingati pada hari Chin Ming / Ceng Beng dengan berkumpul dan sembahyang dikuburan leluhur.
Dalam Feng Shui kuburan hal-hal yang diperhatikan antara lain: Naga - Liang - Gundukan - Air - Arah. Selain itu bentuk kuburan, batu nisan, waktu penguburan juga diperhitungkan. Baik buruknya Feng Shui kuburan itu biasanya akan langsung terlihat dalam tempo satu tahun berpengaruh pada keturunan laki-laki.
Biasanya orang pantang untuk merubah-rubah kuburan, jika kuburan itu sudah dianggap baik atau minimal tidak buruk. Tetapi jika ada tanda-tanda atau pengaruh buruk terasa, maka secepatnya kuburan akan diperiksa lagi (tentunya oleh ahli Feng Shui) dan jika memungkinkan diperbaiki supaya pengaruh buruk tersebut hilang atau bahkan berubah jadi baik. Dijaman sekarang penerapan Feng Shui kuburan secara sempurna sudah relatif sulit karena perkembangan jaman yang ada serta lingkungan alamnya.

Feng Shui Rumah Tangga 
Lokasi yang perlu kita hindari dalam membangun dan membeli rumah adalah:
  1. Jangan membangun rumah yang letaknya lebih rendah dari jalan raya. Sebab posisi rumah yang seperti itu akan mengalami kebanjiran debu dan banyak kotoran akan mudah masuk lagi pula udara menjadi lebih panas sebab sirkulasinya terhambat.
  2. Jangan memilih rumah yang letaknya di puncak bukit yang paling tinggi sebab berpengaruh energi buruk (feng shui sha chi).
  3. Jangan memilih rumah atau bagian lahan belakangnya lebih rendah dari bagian depannya karena sangat berakibat buruk. Sebab tidak memberikan dampak perlindungan yang kuat untuk karir penghuni.
  4. Rumah yang letaknya di dasar lebah atau dasar jurang sudah pasti posisinya paling rendah dan pasti Feng Shuinya buruk sekali. Akibat yang sering timbul antara lain:
a)      Bila banjir mudah, akan muda tekena longsor
b)      Kalau ada gempa tanah yang longsor bisa mengubur bangunan
c)      Ada energi buruk atau sha chi yang sifatnya menekan dan merusak, menyebabkan penghunnya putus asa
d)     Peredaran udaranya tidak lancer gerah dan panas hingga penghuni akan mudah sakit
e)      Bidang usaha tidak berkembang karena pikiran perasaan senantiasa merasa tertekan.
  1. Rumah yang berada diatas bukit memiliki Feng Shui yang sangat buruk karena letaknya seperti hal-hal berikut:
  1. Tidak ada perlindungan atau sandaran sehingga tidak memiliki pertahanan yang kuat dari sisi bisnis dan keharmonisan hidup
  2. Banyak angin jahat dan angin terlewat kencang masuk dari delapan penjuru yang mengakiatkan karir mendapat masalah yang bertubi-tubi
  3. Mengundang banyak bahaya dan bencana seperti : petir, angin, badai atau tanah longsor d. Chi sebagai energi vital bagi kehidupan mudah tersapu angin kencang akibatnya kehidupan juga berantakan . Ini bisa berpengaruh buruk pada keturunan dan kehidupan perkawinan.
Sebelum membangun atau membeli rumah kita harus memilih lokasi yang banyak Shi Chie (keberuntungan) menurut ahli Feng shui bangunan yang di anggap baik dalam ilmu Feng Shui adalah yang letaknya ditengah dilereng bagian atas atau dapat kita lihat beberapa pertimbangan penting berikut:
  • Letaknya tidak di bawah jalan
  • Bagian belakang ada sandaran bukit dan bukan jurang
  • Sisi kiri lebih tinggi dari pada sisi kanan
  • Bagian depan memiliki pandangan dan bukan dinding bukit.

Macam-macam Feng Shui: Bertujuan untuk mengelola sumber Chi (energy : kekuatan)
  1. Feng Shui Rumah Tungga
Membuat rencana tata letak, ruang yang baik dalam Feng Shui rumah, bangunan harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut: pencahayaan, siklus udara, keindahan, aspek keamanan, kebersihan, kenyamanan, dan warna (masalah psikologi) ada beberapa warna dalam Feng Shui :
-        Merah: setimulasi dan dominan, erat kaitannya dengan kemakmuran, menggambarkan malu dan kebencian,
-        Kuning : pencerahan dan intelektualitas, bersifat: setimulasi otak dan membantu pencerahan, (+) akal dan kecerdasan, (-) berlebihan dan kekakuan,
-        Hijau : pertumbuhan, kesuburan dan harmoni, (+)optimism, kebebasan dan keseimbangan, (-) iri hati dan kebohongan,
-        Biru : damai, sejuk, spiritualis, konsentrasi, misteri dan kesabaran, (+) rasa percaya dan stabilitas, (-) curiga dan melankolis,
-        Putih : symbol awal kemurnian dan kesucian, (+) bersih dan segar, (-) dingin dan tanpa kehidupan,
-        Hitam : mestirius dan independen, (+) daya tarik dan kuat (-) kematian, kegelapan dan kuasa jahat,
-        Coklat : stabil dan berbobot, (+) kestabilan dan keangsuran, (-) depresi.
  1. Feng shui Kuburan
Sebagai bukti besarnya penghormatan kepada orang tua, selain itu kuburan orang tua juga dianggap sebagai suatu tempat/sarana ikatan tali persaudaraan antara anak-cucu keluarga sehingga setiap tahun diperingati pada hari Chin Ming/ Ceng Beng dengan berkumpul dan sembahyang dikuburan leluhur.

  1. Penanggalan China
Ada tiga system penanggalan: matahari, bulan, dan matahari-bulan. Orang-ornag china biasanya menganggap penanggalan china kuno sebagai ‘penanggalan matahari’, juga disebut sebagai penenggalan pertanian.
Kalender yang berdasarkan matahari dan penanggalan China berdasarkan bulan :
  1. Shio tikus (Rat)
  2. Shio kerbau (Buffalo)
  3. Shio macan (Tiger)
  4. Shio kelinci (rabbit)
  5. Shio naga (Dragon)
  6. Shio ular (Snake)
  7. Shio kuda (Horse)
  8. Shio kambing (Goat)
  9. Shio monyet (Monkey)
  10. Shio babi (Pig)
  11. Shio ayam (Rooster)
  12. Shio anjing (Dog)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar