Blogger templates

Wildan Izzaty (1110032100003), Viviana (1110032100064), Redian (1110032100040) kami dari kelomppok 11 menjelaskan Perkawinan dan Kematian agama Konghucu. Perbandingan Agama-B. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. dengan Dosen Pembimbing: Drs. H. Siti Nadroh, MA dalam mata kuliah TAOISME DAN KONFUSIANISME
WELCOME TO OUR BLOG-COMPARATIVE RELIGION

Selasa, 22 Mei 2012

Menjelaskan Konsep Yin Yang

Yin Yang
  1. Pembahasan filsafat Yin Yang
Yin : gelap, pasif, perempuan, teduh, basah dan negative
Yang : terang, aktif, laki-laki, panas, kering, dan positif.
Yin dan Yang adalah perwujudan dari Tao (sebenarnya tidak dapat didefinisikan dengan manifestasi.
Tao yang nampak), prinsipnya diterapkan kepada seluruh aspek kehidupan. Fondasi pemikiran masyarakat China adalah kepercayaan pada alam semesta komis yang tunggal, suatu ketunggalan yang tanpa awal atau akhir. Filsafat yang lebih tua daripada aliran filsafat China manapun adalah berbagai kepercayaan mendasar yang membantu orang China memahami diri mereka sendiri dalam hubungannya dengan dunia.
Dalam perubahan terdapat Awal Utama Agung (Tai Chi). Awal ini menghasilkan dua daya utama. Kedua utama menghasilkan empat citra. Empat citra menghasilkan delapan trigram.” (I Ching, Bab 11 dalam Liu 1986, 24).
Yin : di gambarkan sebagai garis putus
Yang : sebagai garis lurus
I Ching mengombinasikan garis-garisini dalam pola yang digunakan untuk meramal. Trdapat empat cara yang dapat digunakan untuk mengatur garis-garis ini secara berpasangan : dua garis lurus, satu garis lurus diatas garis putus, dan satu garis putus diatas satu garis lurus. Tigram kombinasi
Tigram kombinasi tiga garis dalam satu kolom, dianggap berkaitan dengan kualitas-kualitas alam tertentu dan cara kerjanya di alam semesta.garis pertama kali disusun dalam tigram oleh Kaisar Fu His (2852-2738), adanya pola cangkang kura-kura yang pada waktu itu umum digunakan sebagai ramalan. Dua tigram ekstrem adalah Ch’ien adalah unsur kreatif, penguasa, ayah dan cahaya (tiga garis lurus) yang merupakan trigram Kreatif dan K’un (tiga garis putus) yang merupakan tigram Menerima. Keduanya dianggap mewakili langit dan bumi.
Kedelapan tigram itu dikombinasikan menjadi 64 heksagram. Dengan menafsirkan semua pola yang berlainan, orang China mengembangkan suatu cara meramal peristiwa di masa depan jika segala sesuatunya sesuai dengan alam. Teori ini menjadi dasar bagi ilmu pengetahuan alam masyarakat China. Keselarasan Tao ada terlebij dahulu, diaktifkan oleh kepasifan , oleh tidak adanya aktivitas. Tao menghasilkan suatu permainan pertentangan yang dinamis dan silih berganti : Yin-Yang, yaitu  manifestasi Tao di dunia dan juga menghasilakn suatu keseimbangan dinamis antara daya gerak dan sikap diam.
Krosmologi orang China, alam semesta ini digolongkan menjadi dua , pembagian atau golongan elemen-elemen yaitu baik dan buruk. Semua manusia mempunyai hubungan erat secara pribadi dengan kosmos sehingga terlihat berfariasinya hubungan-hubungan itu dalam kehidupan sehari-hari. Peraturan-peraturan manusia harus sesuai dengan tao dan orang pertama yang terkait dengan norma-norma terkait adalah kaisar yang di yakini mewakili langit dan bumi.
Gambar Feng Shui

Dalam Fengshui kamar mandi banyak mengandung energi yin (mati, gelap dan tenang). Hal ini terjadi karena kamar mandi berfungsi sebagai tempat keluarnya aliran energi. Sehingga perlu di atur supaya tidak mampat dan tidak mengalirkan energi baik keluar dari rumah. Berikut ini tips fengshuinya.
ü  Hindari penempatan kamar mandi dilantai atas dimana dibawahnya terdapat ruang makan.
ü  Hindari penempatan kamar mandi dilantai atas dimana dibawahnya terdapat kompor.
ü  Hindari peletakan kamarmandi dibelakang ranjang.
ü  Hindari penempatan kamar mandi dilantai atas dimana dibawahnya terdapat ranjang tidur.
ü  Sembunyikan posisi kloset didalam kamar mandi, jangan langsung terlihat begitu pintu kamar mandi dibuka.
ü  Pastikan pengguna kamar mandi dapat melihat pintu dari dalam kamar mandi, jika tidak memungkinkan gunakan cermin.
ü  Letakkan barang-barang dalam kamar mandi dalam sebuah lemari, jangan dibiarkan berantakan.
ü  Gunakan pencahayaan alami dikamar mandi untuk membunuh bibit-bibit penyakit.
ü  Letakkan tanaman hijau didalam kamar mandi untuk menjaga ruangan tetap segar dan menyerap air.
ü  Gunakan bahan bangunan alami untuk lantai kamar mandi.
ü  

  1. Yin dan Yang dalam hubungan
Yin dan Yang bergabung ketika keduanya diterima sebagai kebenaran Larut menjadi suatu sistensi menjadi ketunggalan yang tidak terbatas : yaitu Anda”.
Hubungan timbal balik
Suatu pengertian fundamental tentang realitas. Kita mencakupkan hubungan ini dalam pengertian tentang orang lain, benda, dan peristiwa.
“Seiring tumbuhnya anak menjadi lebih besar, mereka tidak lagi menganggap ekspresi seperti “di depan” atau “di balik” dalam pengertian mutlaj yang megindikasikan ciri objek. Sebaliknya, mereka mulai menangkap ciri relasional dari objek-objek di dunia. Istilah seperti “asing” tidak dianggap menandakan suatu ciri mutlak dari orang yang bersangkutan , melainkan lebih merupakan suatu relasi timbal balik. Jadi, jika A asing bagi B, maka B asing bagi A. Dalam suatu hubungan timbal balik, si individu dapat melihat dari sudut pandang orang lain, dan bukan semata-mata dari sudut pandangannya sendiri”.

  • Lima unsur
Dasar kehidupan : air, kayu, logam, tanah, dan api. Mereka menganggap bahwa keseluruhan alam semesta terus menerus berubah dan selalu berganti, maka unsur pun selalu mengganti melalui interaksi satu sama lain. Sebuah model altermatif ditrjemahkan sebagai lima elemen atau lima bagian, lima agen, lima fase atau tahap, atau lima kualitas operasional, kayu, api, tanah, logam dan air. Wuxing berhubungan dengan lima pengertian : lima organ dalam, suara, warna, kebaikan, dan hubungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar